Mesin Laundry - Distributor Mesin Laundry – Usaha Laundry – Jual Mesin Laundry – Peralatan Laundry

Customer Service

(021) 786-8686

Live chat

Cara Mencuci Pakaian Yang Mempunyai Lapisan Busa


Pengenalan Pakaian Yang Mempunyai Lapisan Busa

Beberapa jenis bahan pakaian sering kali disatukan atau digabungkan secara bersama-sama untuk mendapatkan tingkat stabilitas tertentu dan memberikan kehangatan ekstra pada pemakaianya dengan tanpa harus menambah berat badannya. Salah satu metode murah untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara melaminasi bahan pakaian dengan selaput tipis dari bahan sintetis, seperti busa polyuretan. Untuk melunakkan busa dapat dilakukan dengan cara memanasinya, sehingga memungkinkannya berfungsi sebagai perekat diantara lapisan-lapisan kain. Tiga lapisan busa yang melaminasi kain bagian luar, bagian dasar dan bagian tepi dengan mudah dapat dibedakan ketika bagian tepi jahitan pakaian diperiksa. Jenis kain berlapis ini biasanya ditemukan pada bagian pakaian luar, seperti mantol atau jaket.

Permasalahan-permasalahannya

Ketahanan lapisan busa yang dilaminasikan pada bahan kain punya batas waktu tertentu. Lapisan yang digunakan untuk melapisi bagian dalam mantol atau jaket, punya batas waktu ketahanan antara 2 sampai 3 tahun. Kualitas pakaian sangat ditentukan oleh proses manufaktur dan kualitas busa polyuretan dan juga mempengaruhi hasil pencuciannya.

Cara Pemeriksaan Pakaian

Lihat kualitas jahitan untuk menentukan apakah lapisan pakaian ada yang mengandung laminasi busa atau tidak. Jika benar pakaian mengandung lapisan busa dan modelnya tidak bergaya masa kini, maka itu adalah suatu peringatan bahwa pakaian tersebut berpotensi akan menimbulkan masalah. Selain itu, periksa kondisi berikut :

Cara Penghilangan Noda

Proses Dry-Cleaning

Proses Wet-Cleaning

Proses Penyeterikaan Pakaian

Yang perlu diperhatikan : Lakukan penyeterikaan dengan menggunakan seterika uap dan dengan teknik penguapan yang seminim mungkin. Jika memakai mesin press bentuk utility jenis wool press, turunkan bagian kepala mesin pressnya (head press) kemudian buka atau naikkan lagi. Jangan mengunci bagian kepala mesin press. Jangan gunakan seterika tangan listrik. Periksa label instruksi cara perawatannya yang secara khusus menyangkut pada suhu berapa yang aman untuk konten masing-masing jenis serat benang pakaian yang akan diseterika. Catatan: Jika lapisan sudah dalam kondisi terpisah, maka tidak akan mungkin untuk dapat diperbaiki dengan cara diseterika.
Majalah Fabric & Fashion, January 2000.
Penulis : H. Santosa Budhi HP CLM MBA Laundry Expert Trainer & Consultant at mesinlaundry.com
Protected by Copyscape Duplicate Content Software

Segera dapatkan buku Seluk – Beluk Binatu di sini


2 Responses to “Cara Mencuci Pakaian Yang Mempunyai Lapisan Busa”

  1. Agus says:

    Artikel yang sangat menarik.
    Tetapi saya masih belum yakin kalau bahan yang seperti ini bisa di proses dalam mesin Dry Clean, dikarenakan lapisan busa akan larut dalam solvent, apalagi dengan proses pencucian yang sekitar 6-8 menit.
    Kalau menurut saya sebaiknya di proses dalam wet clean dengan extra delicate program atau hand wash saja, lebih aman.

    • mesinlaundry says:

      Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan terhadap artikel-artikel kami yang diunggah dalam website mesin laundry.com. Pada prinsipnya, yang dimaksud penanya adalah tidak salah, karena memang umumnya busa akan larut jika terkena PCE (perchloroethylene).

      Namun hendaknya jangan dibayangkan pula bahwa jenis busa pelapis pakaian adalah seperti busa yang dipakai untuk jok kursi ataupun busa yang dipakai untuk mencuci piring dirumah tangga.

      Disamping itu, jika disimak benar, maka dalam artikel itu kalimatnya adalah ” Untuk pakaian yang dapat dicuci dryclean dst “. Dengan kata lain, maka yang dimaksudkan tentu pakaian tersebut telah terlebih dulu di tes ketahanan dan kualitas lapisannya sebelum dicuci dry clean.

      Sebagai informasi, jenis bahan busa pelapis pakaian ada bermacam-macam antara lain ada yang terbuat dari campuran serat polymer (polyester), gabus sintetis atau karet (polyuretan) dsb. Dan sebagaimana telah disebutkan dalam artikel tersebut dibagian awal, jenis busa pelapisnya adalah polyuretan.

Leave a Reply

Penyedia Mesin Laundry

IPSO FTG50

Best Selling

Detail

IPSO WD 305

Best Selling

Detail

IPSO FDG3T

Best Selling

Detail

IPSO DR75

Best Selling

Detail

Gallery Mesinlaundry

mesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundry

Melihat Gallery Kami

Lokasi Mesinlaundry

lokasi mesin laundry di jakarta
Melihat Lokasi Kami

Berlangganan Newsletter Mesinlaundry

Masukan alamat email Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami, seputar artikel usaha laundry dan informasi promosi


Hubungi kami di sosial media

twitter mesinlaundry.com facebook mesinlaundry.com pinterest mesinlaundry.com youtube mesinlaundry.com instagram mesinlaundry.com berita mesinlaundry.com