Mesin Laundry - Distributor Mesin Laundry – Usaha Laundry – Jual Mesin Laundry – Peralatan Laundry

Customer Service

(021) 786-8686

Live chat

Peluang Usaha Laundry Modal Kecil


Bisnis jasa cuci setrika atau sering dikenal dengan binatu, ada juga yang menyebutnya laundry sebelumnya sangat identik dengan jasa pencucian khusus jas dan pakaian formal. Beberapa tahun yang lalu, bisnis laundry memang hanya dikhususkan untuk merawat pakaian yang membutuhkan perawatan khusus. Laundry dikenal sebagai jasa pencucian dan perawatan pakaian mahal seperti jas, blazer, gaun hingga pakaian formal berharga mahal lainnya. Ada pula laundry yang khusus melakukan perawatan untuk boneka yang harganya juga tidak murah. Beberapa tahun lalu, saat tren boneka berbulu impor sedang marak, laundry boneka ini laris manis. Layanan dry cleaning juga pernah booming pada masanya. Jadi intinya, beberapa tahun lalu, laundry merupakan solusi bagi perawatan pakaian yang tidak bisa dilakukan sendiri di rumah.

Seiring berlalunya waktu, kondisi ini mulai berubah. Pembantu rumah tangga yang pada awalnya bertugas melakukan seluruh tugas rumah tangga mulai terbagi dalam segmen-segmen. Ada pembantu yang khusus mengurusi kebun, hanya khusus membersihkan rumah, khusus melakukan tugas memasak dan khusus mengurusi pakaian. Di sini mulai bermunculan jasa tukang cuci keliling. Tukang cuci melayani pengambilan baju kotor, pencucian baju, menyetrika, hingga mengantar baju rapi ke rumah pelanggan. Tukang cuci melakukan seluruh pekerjaannya tanpa mesin atau masih dilakukan dengan tangan. Jasa tukang cuci ini banyak dimanfaatkan warga perkotaan karena ongkosnya yang lebih murah.

Kemudian, terjadi lagi perubahan. Jasa tukang cuci dari rumah ke rumah mulai jarang. Tenaga manusia ini dirasa semakin lamban dan sangat tergantung pada cuaca. Saat musim hujan, cucian membutuhkan waktu kering yang lebih lama. Lalu, pada kota besar mulai masuk mesin cuci. Mesin cuci dua tabung pada awalnya dianggap mampu melakukan pekerjaan mencuci dan mengeringkan pakaian. Karena dilakukan oleh mesin, pengerjaan mencuci dan mengeringkan jadi lebih cepat. Pakaian yang sudah dikeringkan tinggal dijemur atau diangin-anginkan hingga benar-benar kering. Namun, masih diperlukan tenaga untuk menyetrika pakaian. Di sinilah kemudian muncul jasa tukang setrika yang datang dari rumah ke rumah.

Nah, sekarang kita akan mulai membicarakan mengenai sebuah peluang usaha yang berkaitan dengan jasa cuci dan setrika ini. Setelah mengetahui beberapa tahapan bisnis jasa cuci setrika di atas, perkembangan yang terjadi selanjutnya adalah kini mulai bermunculan bisnis laundry. Hanya saja, berbeda dengan beberapa tahun lalu, usaha laundry tidak identik sebagai tempat perawatan baju mahal, namun lebih umum lagi, yaitu sebagai tempat jasa cuci setrika baju. Kini, pakaian yang dilaundry tak hanya pakaian khusus berharga mahal, namun merupakan pakaian sehari-hari.

Tren bisnis laundry ini dapat juga anda tangkap dan kelola sebagai usaha sampingan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, anda bisa memulai usaha kecil ini. Menangkap peluang bisnis laundry modal kecil ini mungkin bisa dijadikan pilihan berbisnis rumahan yang menghasilkan. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Pada awalnya, jika ingin menjadi agen laundry, anda bisa mempersiapkan tempat terlebih dahulu. Tak perlu besar, asalkan memiliki izin, telah terdaftar sebagai agen, dan telah mendapat plakat nama, anda sudah bisa menjadi agen laundry. Menjadi agen laundry berarti anda hanya sebagai penyalur. Anda adalah perpanjangan tangan dari pemilik laundry. Melalui cara berbisnis seperti ini, modal usaha yang paling utama bukanlah uang, melainkan kepercayaan. Untuk bisnis rumahan seperti ini, anda bahkan tak perlu memiliki mesin laundry. Agen laundry bertugas menerima order, kemudian mengirimkannya kepada laundry. Jika telah selesai, pihak laundry akan mengantarkannya ke tempat usaha anda. Anda menerima order yang telah jadi. Pelanggan akan datang ke tempat usaha agen laundry milik anda untuk mengambil order. Nah, begitulah cara kerja bisnis agen laundry. Sangat mudah bukan? Anda bahkan tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulainya.

Lalu, bagaimana dengan keuntungan yang akan kita peroleh? Beberapa laundry yang membuka system keagenan menerapkan system komisi. Setiap order yang kita terima, akan diakumulasikan pada akhir bulan. Pembayaran komisi dilakukan sebulan sekali. Untuk kisaran berapa persen komisinya, tergantung pada masing-masing laundry. Yang jelas, semakin banyak order yang bisa anda dapatkan, maka secara otomatis akan semakin banyak pula komisi yang akan anda peroleh.

Sebuah ide bisnis usaha laundry dengan system keagenan ini sangat bergantung pada promosi yang anda lakukan. Semakin gencar promosi, usaha anda akan semakin dikenal. Pada akhirnya akan banyak pelanggan yang datang dan melakukan order pada anda.

Bisnis laundry yang lain seperti laundry kiloan, franchise laundry, laundry koin dan lainnya juga merupakan usaha laundry yang menjanjikan. Hanya saja, berbeda dengan system keagenan, usaha laundry lainnya memerlukan modal awal yang tidak sedikit. Jadi, bisnis laundry mana yang akan anda pilih?

Helmy Chandra – Mesinlaundry.com
Protected by Copyscape Duplicate Content Software

Leave a Reply

Penyedia Mesin Laundry

IPSO FTG50

Best Selling

Detail

IPSO WD 305

Best Selling

Detail

IPSO FDG3T

Best Selling

Detail

IPSO DR75

Best Selling

Detail

Gallery Mesinlaundry

mesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundrymesin laundry

Melihat Gallery Kami

Lokasi Mesinlaundry

lokasi mesin laundry di jakarta
Melihat Lokasi Kami

Berlangganan Newsletter Mesinlaundry

Masukan alamat email Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami, seputar artikel usaha laundry dan informasi promosi


Hubungi kami di sosial media

twitter mesinlaundry.com facebook mesinlaundry.com pinterest mesinlaundry.com youtube mesinlaundry.com instagram mesinlaundry.com berita mesinlaundry.com